Jumat, 24 Juni 2016

Kegiatan UAS Mahasiswa Universitas Terbuka di Taiwan


 


Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 yang didirikan di Indonesia pada tanggal 4 September 1984, dengan sistem pembelajarannya menggunakan metode terbuka dan jarak jauh / unit program belajar jarak jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-LLN). Sistem belajar ini terbukti sangat efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia. 

 
     Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) tersebar luas hingga di beberapa Negara, salah satunya adalah mahasiswa yang berada di Universitas Terbuka Taiwan (UT-Taiwan), di mana banyak warga Indonesia yang berdomisili di sana.

    Dari banyaknya keinginan para Buruh Migran Indonesia (BMI) untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, selama mereka bekerja di Taiwan, maka dari pihak Universitas Terbuka Pusat, KDEI Taipei, dan PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) di Taiwan membuka kesempatan untuk para BMI mendapatkan pendidikannya.

     Universitas Terbuka di Taiwan (UT-T) berdiri sejak tahun 2011 hingga sekarang sudah memasuki semester ke-9. Mahasiswa dari UT-T kebanyakan didominasi oleh para BMI, dan UT-T menjadi wadah pendidikan tinggi bagi mereka yang bekerja di Taiwan, sehingga saat selesai nanti dan kembali ke tanah air, mereka memiliki kemampuan (skill) dan ijasah.

Wajah penuh antusiasme para mahasiswa UT-Taiwan terpancar di foto ini.


     Mereka adalah para mahasiswa UT-T yang juga berprofesi sebagai BMI di Taiwan, walaupun dengan berbagai kesibukan, namun tidak mematahkan semangat mereka dalam menghadapi ujian akhir semester (UAS). 

      Mulai dari jam 07.00 pagi para mahasiswa satu persatu berdatangan memadati area TMS (Taipei Main Station), dan berkumpul dengan para mahasiswa lainnya, lalu berangkat bersama menuju lokasi UAS yang letaknya tidak jauh dari TMS, kebahagiaan pun terpancar di setiap wajah mahasiswa.

    Semua mahasiswa sudah mempersiapkan UAS jauh sebelumnya, mereka sadar betul dengan profesi sebagai BMI, yang kesehariannya sibuk bekerja dengan kewajiban dan tanggung jawab terhadap majikan, oleh karena itu, biasanya para mahasiswa UT-T mengambil hari libur sebelum hari H-nya, sehingga saat pelaksanaan UAS tiba, mereka bisa hadir dan mengikuti kegiatan ujian akhir semester.

    Universitas Terbuka di Taiwan menyediakan 3 pilihan program study , yaitu yang pertama adalah Jurusan Management S1 dengan tingkat terbanyak mahasiswanya, kemudian diikuti oleh Jurusan Sastra Bahasa Inggris S1 sebagai penerjemah, dan yang terakhir adalah Jurusan Ilmu Komunikasi S1.

   Untuk sementara UT-T hanya membuka untuk 3 jurusan saja, tapi tidak menutup kemungkinan tahun-tahun mendatang akan disusul jurusan lain tergantung dari calon peminatnya.


Foto Kegiatan UAS yang berlangsung di Taipei

    Foto ini diambil saat kegiatan UAS berlangsung yang berlokasi di Taipei. Pelaksanaan UAS yang diadakan selama dua kali pertemuan, bertepatan di hari Minggu tanggal 8 & 15 Mei 2016 dilakukan di dua tempat yaitu Taipei dan Tainan. 


Foto Kegiatan UAS yang berlangsung di Tainan


   Berbeda dengan pelaksanaan UAS di Tainan yang berlokasi di sebuah Hotel Dynasty, walaupun berbeda tempat, tapi pelaksanaan UAS mahasiswa UT-T dilakukan serentak bersamaan.


    Universitas Terbuka Taiwan adalah perguruan tinggi yang sangat fleksibel, berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, yang harus melakukan ujian di satu tempat yang sama, keunggulan UT-T bukan hanya itu saja, masih banyak lagi kelebihan-lebihan yang dimiliki. Kegiatan UAS di mulai dari jam 09.00 pagi hingga sore hari jam 18.00 waktu Taiwan.

     Dari gambar diatas terlihat para mahasiswa sangat fokus dan serius dengan lembar kertas soalnya masing-masing., ujian pun berjalan dengan tertib dan lancar dengan dipantau oleh pengawas dari Jakarta dan pihak Bapel (badan pelaksana) itu sendiri.

 
Foto Kebersamaan mahasiswa UT-Taiwan yang berlokasi di Taipei


    Suasana ruangan UAS pun kembali ramai setelah kegiatan ujian berakhir, dan seperti biasanya para mahasiswa selalu mengabadikan setiap moment kebahagiaan dengan melakukan foto bersama di dalam ruang kelas.


     Suasana kebersamaan mahasiswa UT-T tidak hanya berakhir disitu saja, di bawah ini ada beberapa foto di ambil pada saat jam makan siang, wajah ceria, dan tidak terlihat sedikitpun wajah lesu dan kusut, padahal sejak pagi hari hingga menjelang jam istirahat, otak mereka berputar dengan lembar –lembar soal UAS yang berisi hampir 50 soal.

 Foto para mahasiswa saat jam makan siang yang berlokasi di Taipei


Foto para mahasiswa saat jam makan siang yang berlokasi di Tainan



     Kebahagiaan mahasiswa UT-T yang berada di Taipei, tidak kalah dengan mahasiswa yang berada di Tainan, walaupun mereka berbeda program study, tapi kerukunan dan rasa kekeluargaan mahasiswa UT-T patut di acungi jempol, rasa kebersamaannya bersatu menjadi satu. 


Foto kebersamaan mahasiswa UT-Taiwandan pengawasUAS yang berlokasi di Taipei



   Teruslah berjuang meraih impian dan cita-cita, jangan mudah lelah dan menyerah, jadilah mahasiswa yang mandiri, walaupun dengan profesi sebagai BMI,  bukan menjadi halangan, tetap semangat untuk menggapai prestasi.




Taipei, 28 Mei 2016

Ditulis oleh :
Dewi Susanti
Divisi Informasi, Komunikasi dan Media







Tidak ada komentar: