Senin, 03 Juli 2017

Perduli Lingkungan Bersama Bakti Sosial Himmas UT Taiwan

Acara briefing bersama dengan organisasi BMI lainnya.

 Masalah kebersihan merupakan perkara yang penting, karena kebersihan pangkal dari kesehatan. Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dengan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar,  diantaranya: menciptakan lingkungan yang bersih, sejuk, sehat, nyaman dipandang dan yang tidak kalah penting terbebas dari polusi udara. Di Taiwan sendiri polusi udara dalam kurun waktu satu tahun ini menjadi perhatian yang serius, karena sudah pada level parah (Merah dan Orange). Level tersebut, menurut penjelasan dari Badan Perlindungan lingkungan Taiwan sangat mengancam  kesehatan. Untuk itulah kenapa akhir-akhir ini seringnya adanya anjuran untuk memakai masker ketika keluar rumah. 

Menjaga kebersihan merupakan kewajiban setiap individu, tetapi pada ruang lingkungan besar mungkin memerlukan peran tokoh atau organisasi berpengaruh yang akan menjadi motorik dan memobilisasi sebuah aksi peduli kebersihan lingkungan di sekitar. Untuk itu bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1438 H yang jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017. Himpunan Mahasiswa UT-Taiwan (Himmas UT-Taiwan) bersama organisasi-organisasi BMI lain seperti :  Kerukunan Pantura, Singaperbangsa, Viking Taiwan, dan beberapa organisasi lain melakukan pekan Bakti Sosial (Baksos). Yaitu acara peduli atas kebersihan lingkungan dengan cara memungut sampah yang berserakan. Acara dilakukan di seputar lokasinya Taipei Main Station  ( TMS ). 

Acara dihelat sebagai wujud menjaga dan menumbuhkan kecintaan atas kebersihan lingkungan baik di lingkungan sendiri dan lingkungan sekitar, seperti pepatah mengatakan “Kebersihan sebagian dari Iman”. Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menjaga nama baik bangsa Indonesia yang selalu menyabet predikat “Pembuang sampah sembarangan” acapkali diselenggarakan sebuah event pertunjukan di Taiwan. Untuk itu dengan adanya Baksos, diharapkan dapat merubah image dan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan. 

poster bakti sosial himmas UT -Taiwan.

Pada hari yang sama juga dilaksanakan salat Idul Fitri sebagai momen hari kemenangan setelah satu bulan lamanya umat Islam menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan. Acara baksos dilaksanakan pukul 18.00--18.30 waktu setempat. Setelah acara Baksos selesai, berlanjut acara   yang ditunggu-tunggu oleh para peserta Lomba Kegiatan Ramadan yaitu, pembagian hadiah kepada seluruh para pemenang lomba bersholawat dan deklamasi puisi Islam yang diselenggarakan oleh Himmas UT - Taiwan guna mengisi kegiatan selama bulan Ramadan. Semua acara berlangsung tertib, lancar dan penuh silaturahmi dengan suasana indah hari nan fitri. 

Berikut adalah beberapa dokumentasi acara Bakti Sosial bersama Himmas UT Taiwan.

Briefing sebelum acara
Suasana Bakti Sosial 







Di Tulis :
Furaida Rahma & Etik Nurhalimah (Devisi Media Informasi dan Komunikasi)

Editor : Dewi Susanti

Tidak ada komentar: