Rabu, 03 Juli 2019

UJIAN AKHIR SEMESTER TAHUN AJARAN 2019.1 DAN PENYERAHAN BEASISWA MAHASISWA BERPRESTASI



 Minggu, 23 juni 2019 bertepatan dengan musim panas di Taiwan adalah hari pertama Ujian Akhir Semester (UAS) tahun ajaran 2019.1 Universitas Terbuka Taiwan ( UTT). Seperti biasanya pelaksanaan ujian dilangsungkan di dua tempat yaitu di Taipei dan Tainan. Sebanyak 197 mahasiswa melangsungkan ujian di Taipei dan 28 mahasiswa lainnya di Tainan. Jumlah mahasiswa yang mengikuti ujian Sebanyak 225 orang yang terbagi menjadi 3 jurusan yaitu Managemen, Ilmu komunikasi, dan Sastra Inggris bidang minat  penerjemah. Pada UAS hari pertama turut hadir juga pengawas dari UT PUSAT yaitu  Muhammad Wiwin Darwina dari Kementrian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI). Selanjutnya Ujian dimulai serentak pukul 09:00 sampai 18:00 waktu Taiwan.  Ujian akhir semester (UAS) di bulan ini terlihat banyak wajah baru dikarenakan mahasiswa baru mulai menjalani ujian semester pertamanya. Mereka terlihat sangat excited. Mereka berharap selain mendapatkan pengalaman, mereka juga ingin mendapatkan ilmu yang dapat di salurkan setelah pulang  dari Taiwan.

Kemudia pada tanggal 30/06/2019 dilangsungkan UAS hari ke dua, dan pelaksanaan tetap dilaksanakan di dua tempat Taipei dan Tainan. Sekaligus penyerahan sertifikat dan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Pelaksanaan ujian di hari  terakhir  sangatlah kondusif terlihat seluruh mahasiswa menunggu waktu ujian sesuai jadwal ujian yang di tentukan oleh pihak UT Taiwan.

PEMBERIAN  BEASISWA BAGI MAHASISWA BERPRESATASI
Dalam pelaksanaan UAS ada 6 orang mahasiswa berprestasi yang mendapatkan beasiswa dari UT Taiwan nama-nama mahasiswanya telah diunggah langsung oleh akun Universitas Terbuka Taiwan ditiap grup angkatan. Para mahasiswa/i Universitas Terbuka Taiwan yang telah mendapatkan beasiswa "Mahasiswa Berprestasi" terpilih dengan kategori dan kriteria sebagai berikut::
1. Mahasiswa/i Aktif Universitas Terbuka Taiwan
2. Mahasiswa/i dengan IPK Tertinggi per Jurusan
3. Mahasiswa/i yang tidak pernah mengikuti Ujian Ulang (UJUL)
Selamat kepada:
1.SRI LESTARI  (Program Studi Ilmu Komunikasi)
2. PURWANTO   (Program Studi Ilmu Komunikasi)
3. CINTA ADI SAPUTRA   (Program Studi Manajemen)
4 AYU PUSPARINI   (Program Studi Manajemen)
5. MARTIJAH      (Program Studi Sastra Inggris Penerjemahan)
6. YUNITA SARI   ( Program Studi Sastra Inggris Penerjemahan)

PENYERAHAN BEASISWA DI TAIPEI



PENYERAHAN BEASISWA DI TAINAN


Kami sempat mewancarai mahasiswa dari jurusan manajemen yaitu Ayu Pusparini semester lima kesan dan pesannya mendapatkan beasiswa beliau mengutarakan “Yang pasti seneng banget. Enggak kepikiran kalau bakal dapat beasiswa. Dulu kalau ada temen yg dapet beasiswa aku selalu berkata dalam diri sendiri "seneng kali ya kalo bisa dapat beasiswa". Meski tidak terobsesi harus banget dapat beasiswa, tapi aku selalu berusaha melakukan yang terbaik karna aku ingin mengangkat derajat keluargaku dan membuat keluarga terutama ibuku bangga padaku. Karna aku ingin membuktikan dan menyakinkan ke majikan bahwasanya aku sekolah bukan hanya untuk mencari kesenangan semata tapi ada sesuatu yang ingin aku capai.  Dan pesan saya buat teman-teman yang lain “ Jangan pantang menyerah, saya yakin kalian memutuskan untuk bekerja dan sekolah pasti ada tujuan. So, ketika kalian down di tengah-tengah jalan ingat tujuan awal kalian. Tegakkan dalam fikiran kalian" saya harus sukses sampai toga benar-benar ada di kepala saya". Salam sukses buat semua teman-teman mahasiswa UT Taiwan.  Perjuangan ini tidaklah mudah tapi saya yakin kalian adalah  orang-orang  hebat yang tidak mudah menyerah dan tetap optimis menatap masa depan. Semoga kalian semua bisa mendapatkan kesempatan meraih beasiswa seperti saya dan teman-teman yang lain dapatkan. Amin. Terimakasih!
Nah, selain dari Ayu Pusparini ada  mahasiswi lain dari jurusan Ilmu Komunikasi Nama lengkapnya Sri Lestari namun lebih dikenal dengan nama pena Tari Sahsa. Penerimaan beasiswa kali ini adalah kedua kalinya ia dapatkan, pesan singkat dari beliau “Kesannya seneng banget, gak sia-sia belajar di sela-sela pekerjaan yang seabrek. Pesan untuk mahasiswa lain Fokus belajar karena memutuskan kuliah di UT Taiwan itu berat. Selain bekerja kita juga harus bisa fokus belajar dan konsekuen dengan pilihan yang sudah diambil’.
Kami ucapkan selamat  kepada mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ‘’Mahasiswa Berprestasi’’. Semoga dapat menjadi motivasi mahasiswa yang lainnya  untuk lebih giat lagi  dalam belajar,dan berkarya. Seperti motto dari UT Taiwan “ mandiri mengukir prestasi ” dan untuk mahasiswa yang belum mendapatkan beasiswa jangan berkecil hati. Semoga  di semester selanjutnya bisa menjadi bagian dari mahasiswa berprestasi. Believe yourself that you can do it!
Berikut Dokumentasi UAS di Taipei & Tainan:






Salam,
MANDIRI MENGUKIR PRESTASI
Sumber :
               Penulis : Mohammad Arifin (Div.Infokom & Media II)
               Editor   : Endang Setiawati (Sekretaris II)
               Photos  : Mahasiswa UT Taiwan & Bapel UT Taiwan










Tidak ada komentar: