Senin, 05 Desember 2016

Pekan Bakti Badan Eksekutif Mahasiswa UT-Taiwan 2016

Poster kegiatan Pekan Bakti BEM UT-Taiwan 2016.

Dewasa ini, lingkungan hidup kita kian waktu semakin banyak mengalami ancaman, pencemaran dan kerusakan setiap saat. Kerusakan yang notabene disebabkan oleh pola hidup manusia yang tidak ramah lingkungan merupakan salah satu penyebab yang diyakini turut andil akan terjadinya kerusakan lingkungan. Akibatnya, keseimbangan ekosistem menjadi terganggu, bencana banjir, wabah penyakit baru yang mulai bermunculan dan lain sebagainya. Seperti yang kita tahu, lingkungan adalah salah satu media bagi bakteri dan virus untuk bermigrasi,
pun sebaliknya, ketika kita bisa menjaga dan merawat lingkungan sekitar dengan baik lingkungan juga sebagai media untuk tetap dapat hidup sehat.


Belakangan, masyarakat semakin banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya, khususnya ketika mereka berada di tempat umum, seperti di stasiun contohnya, rasa malas untuk mencari tong sampah sudah mendarah daging pada sebagian masyarakat kita. Apalagi ketika ada perayaan hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri. Padahal, kebersihan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan dan dalam melaksanakan ibadah karena kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Menanggapi hal ini, BEM Universitas Terbuka di Taiwan berupaya untuk mengingatkan kepada seluruh mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang berdomisili di Taiwan khususnya di daerah Taipei akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Dari situ, muncullah ide untuk membuat sebuah kegiatan yang diberi nama “Pekan Bakti Badan Eksekutif Mahasiswa 2016”. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan area Taipei Main Station (TMS) dari sampah yang berserakan. Hampir setiap weekend tempat ini selalu dibanjiri oleh pengunjung entah itu dari kalangan penduduk asli Taiwan ataupun para BMI. Kegiatan baksos ini diadakan pada hari Minggu, 10 Juli 2016 pukul 17.30 sampai dengan selesai yang berlokasi di Taipei Main Station (TMS).

Pengurus BEM sedang mengumpulkan sampah di aula TMS.

Seperti tahun-tahun sebelumnya area TMS selalu menjadi lautan manusia ketika Lebaran tiba. Disamping tempatnya yang luas dan strategis, aula TMS juga bersih sehingga para pengunjung merasa nyaman duduk berjam-jam disana. Jumlah pengunjung yang datang selalu membeludak setiap tahunnya. Mereka datang ke tempat ini untuk merayakan lebaran dan berkumpul bersama saudara dan teman seperjuangan. Tetapi, sadar atau tidak, segala aktifitas yang terjadi di sekitar TMS menghasilkan sampah. Beberapa pengunjung mengabaikan kebersihan dan membuang bekas makanannya sembarangan. Padahal tong sampah sudah disediakan hampir disetiap sudut aula.

Melihat fakta ini, BEM dan mahasiswa UT-Taiwan dengan dibantu oleh beberapa organisasi yang yang ada di Taiwan seperti Forum Kerukunan Pantura, Viking Taiwan, Fast Photo Club, Forum Wonosobo dan beberapa organisasi lainnya dengan dibekali peralatan sederhana yaitu kantong plastik dan sarung tangan, mereka turun langsung ke lapangan untuk membersihkan dan mengumpulkan sampah yang berserakan di area TMS. Dengan harapan, adanya kegiatan kerja bakti atau baksos ini, masyarakat yang berdomisili di Taiwan bisa lebih peduli dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan., serta meningkatkan kesadaran masyarakat dan warga negara Indonesia tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengolah sampah dengan benar. Walaupun dengan hal-hal yang kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Bukankah hal yang besar dimulai dari sesuatu yang kecil?

Berikut adalah beberapa foto yang berhasil kami dokumentasikan dalam kegiatan Baksos pada tanggal 10 Juli 2016.

BEM UT-Taiwan melakukan foto bersama dengan beberapa organisasi yang ikut andil dalam baksos.

Pengarahan sebelum turun ke lapangan.








Kaohsiung, 08 November 2016

Ditulis oleh:
Ike Lindiyani (Divisi Sosial, Budaya dan Kreasi)
Editor:
Dewi Susanti (Divisi Informasi, Komunikasi dan Media)


Tidak ada komentar: